LATEST UPDATES

Sunday 2 August 2015

Karena Pesan 95% Android Bisa DIHACK!

Breaking News
Pengguna Android, berhati-hatilah: Para peneliti keamanan baru-baru ini telah menemukan fakta bahwa 95% ponsel Android ternyata rentan terhadap serangan hacker. Tragisnya, serangan bisa dilakukan dengan hanya mengirimkan satu pesan teks!

Joshua Drake, VP penelitian dan exploitasi platform di perusahaan cybersecurity zLabs Zimperium, melaporkan sebuah 'lubang' ke Google awal tahun ini. Ia juga mengatakan bahwa sebagian besar produsen smartphone tidak menyediakan perbaikan untuk diunduh konsumen. Lubang keamanan yang dilaporkan Drake diklaim dapat menempatkan 950 juta perangkat android dalam bahaya.

Proses hacking bisa dilakukan melalui bugs yang terdapat di Stagefright, sebuah layanan pemutar media yang terdapat di Android. Yang mengerikan, hacker cuma butuh sebuah nomor telepon untuk mengeksploitasi sistem. Hanya dengan mengirim foto atau video pesan MMS ke ponsel, mereka dapat memiliki akses penuh ke sistem.

Cacat keamanan ini menurutnya terdapat di ponsel Android yang diproduksi setelah tahun 2010. cacat ini telah memungkinkan hacker untuk mencuri dan memantau isi telepon. Dengan kata lain, hacker memiliki kontrol penuh seperti sang pemilik ponsel. Hacker bahkan tak mengharuskan sang pemilik ponsel untuk membuka pesan yang hacker kirim untuk memulai serangan!
Google dikabarkan telah merilis patch untuk menambal lubang keamanan tersebut. Namun Zimperium lebih mendesak para pengguna smartphone android untuk mengambil tindakan secepatnya karena update yang tersedia kemungkinan datang terlambat. Dan, Google kemungkinan juga tidak mengeluarkan patch untuk perangkat yang lebih tua.

Sementara itu, Drake akan melaporkan temuan ini pada konferensi hacker Black Hat di Las Vegas minggu depan.

Sumber : Android Indonesia.
Share This :

Post a Comment

 

Top