LATEST UPDATES

Saturday 29 August 2015

Bahayanya Ransomware: Apa Yang Harus Dilakukan?

Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda menjadi korban ransomware? Kadang kadang…tidak banyak.

Seiring waktu,  metode para hacker makin canggih. "Versi terbaru virus ransomware memiliki kriptografi yang kuat seperti yang digunakan di dunia perbankan online dan e-commerce," kata Wueest. Dan setiap komputer korban memiliki kunci dekripsi yang berbeda-beda sehingga tidak ada tebakan atau password ajaib yang dapat membuka kunci tersebut.

Meski demikian, Anda bisa melakukan langkah-langkah preventif.

Pertama, back up data Anda secara teratur. Menyimpan informasi Anda secara offline lebih aman, karena dalam situasi yang tepat ransomware dapat menginfeksi jaringan atau bahkan drive yang terhubung dengan komputasi awan.

Kedua, gunakanlah perangkat lunak anti-virus. Ransomware dapat menginfeksi komputer dengan cara yang berbeda, seperti meluncurkan lampiran email atau menanam kode berbahaya pada sebuah situs web - tetapi software anti-virus dirancang untuk menangkap bug ini sebelum mereka mengambil alih kendali.

Ketiga dan terakhir, lakukan update software dan sistem operasi. Banyak virus bekerja dengan cara mengeksploitasi kelemahan program komputer yang lebih tua. Untuk alasan inilah, maka pengembang selalu mengeluarkan patch dan mengharuskan Anda untuk menginstal mereka. @ariefburhan
Share This :

Post a Comment

 

Top