LATEST UPDATES

Saturday 29 August 2015

Bahayanya Ransomware: Tak Hanya Menyerang Komputer !

Yang cukup mengejutkan, ransomware tidak hanya mentargetkan perangkat komputer dan mobile. Symantec beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka telah mengamankan lebih dari satu miliar perangkat Internet of Things (IoT), mulai dari televisi, meteran cerdas, hingga mobil dan infrastruktur penting.  Perangkat IoT sendiri diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan hingga 25 miliar pada tahun 2020.

Dalam industri otomotif, hacker dapat benar-benar menyetir mobil dan menginjak rem dari keyboard mereka," kata Shankar Somasundaram, Senior Director of Internet of Things Security, Symantec.

Symantec sendiri telah berinvestasi cukup besar dan menawarkan solusi keamanan IoT komprehensif yang meliputi  otentikasi, keamanan perangkat, analitik dan pengelolaan untuk membantu mencegah terjadinya pembobolan, pelacakan, dan pembajakan secara elektronik terhadap mobil, peralatan medis, sistem kontrol industri, dan elektronik konsumen yang tak terhitung jumlahnya.
Ransomware Menciptakan Ketakutan Mendalam

Ransomware tidak hanya menyandera data berharga - seperti foto keluarga yang sangat spesial atau draft sebuah novel - tetapi bisa juga menimbulkan ketakutan lebih dalam.

Sebagai contoh, salah satu virus ransomware diketahui telah menampilkan layar yang memuat sebuah pesan peringatan FBI untuk semua film yang didownload secara ilegal.

Hasilnya, banyak orang yang mendapatkan peringatan palsu tersebut membayar denda untuk menghindari penuntutan. "Banyak orang mungkin memiliki sesuatu di komputer mereka dan berpikir bahwa benda itu mungkin ilegal," kata Wueest. "Banyak dari mereka mulai membayar."
Share This :

Post a Comment

 

Top